Penyebab Terjadinya Penyakit Demam Berdarah

Diposting oleh R Apriliyanti on Jumat, 13 Desember 2013

Penyebab Terjadinya Penyakit Demam Berdarah - Penyakit Demam Berdarah adalah suatu penyakit yang tergolong kedalam golongan penyakit akut yang disebabkan oleh adanya virus dengue, yang masuk melalui peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari jenis aedes, yaitu : aedes aegypti atau aedes albopictus. Terdapat emat jenis virus dengue yang berbeda, namun berelasi dekat, yang dapat menyebabkan demam berdarah. Virus dengue merupakan viru dari jenis flavivirus, famili flaviviridae. Penyakit demam berdarah berada pada daeraha tropis dan subtropis di berbagai belahan dunia, teruatama di musim hujan yang lembab.
Penyebab Terjadinya Penyakit Demam Berdarah

Virus dengue merupakan penyebab utama dari penyakit demam berdarah, yaitu virus dari famili flaviviridae. Terdapat 4 jenis virus dengue yang diketahui dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Yaitu : DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Pertama kali gejala penyakit demam berdarah baru diketahui setelah seseorang terinfeksi oleh salah satu dari empat jenis virus dengue mengalami infeksi oleh jenis virus dengue berbeda. Sistem imun yang sudah terbentuk di dalam tubuh setelah pertama justru akan mengakibatkan kemunculan gejala penyakit yang lebih parah saat terinfeksi untuk ke dua kalinya. Seseorang dapat terinfeksi oleh sedikitnya dua jenis virus dengue selama masa hidup, namun jenis virus yang sama hanya akan menginfeksi satu kali akibat adanya sistem imun tubuh yang terbentuk.

Virus dengue dapat masuk ke dalam tubuh manusia yaitu melalui gigitan vektor pembawanya, yaitu nyamuk dari genus aedes seperti aedes aegypri betina dan aedes albopictus. Aedes aegypti faktor yang paling banyak ditemukan penyebab dari penyakit demam berdarah. Nyamuk dapat membawa virus dengue setelah mengisap darah orang yang telah terinfeksi virus tersebut. Sesudah masa inkubasi virus di dalam nyamuk selama 8-10 hari, nyamuk yang terinfeksi dapay mentransmisikan virus dengue tersebut ke manusia sehat yang digigitnya. Nyamuk betina juga dapat menyebarkan virus dengue yang dibawanya keketurunannya melalui terlur (transovarial). Tidak hanya manusia hewan seperti monyet pun dapat terjangkit oleh virus dengue, serta dapat juga berperan sebagai sumber infeksi bagi monyet lainnya bila di gigit oleh vektor nyamuk. Pernyataan ini berdasarkan hasil dari penelitian.

Resiko demam berdarah lebih tinggi pada wanita, seseorang yang berusia kurang dari 12 tahun atau seseorang yang berasal dari ras kaukasia. Tingkat resiko terjangkitnya penyakit demam berdarah akan meningkat pada seseorang yang memiliki antibodi terhadap virus dengue akibat infeksi pertama.

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Hingga kini, belum ada vaksin atau obat antivirus untuk obat ini. Tindakan paling efektif untuk menekan epidemi demam berdarah yaitu dengan mengontrol keberadaan dan sedapat mungkin menghindari vektor nyamuk pembawa virus langue. Pencegahan nyamuk tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang tepat, antara lain :

Lingkungan

Pencegahan demam berdarah dapat dilakukan dengan mengendalikan vektor nyamuk, antara lain dengan menguras bak mandi/penampungan air sekurang-kurangnya sekali seminggu, mengganti/menguras vas bunga dan tempat minum burung seminggu sekali, menutup dengan rapat tempat penampungan air, mengubur kaleng-kaleng bekas, aki bekas dan ban bekas di sekitar rumah dan perbaikan desain rumah.

Biologis

Secara biologis, vektor nyamuk pembawa virus dengue dapat dikontrol dengan menggunakan ikan pemakan jentik dan bakteri.

Kimiawi

Pengasapan dapat membunuh nyamuk dewasa, sedangkan pemberikan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air dapat membunuh jentik-jentik nyamuk. Selain itu dapat juga digunakan larvasida.

Karena nyamuk aedes aktif pada siang hari beberapa tindakan pendegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan senyawa anti nyamuk yang mengadung deet, pikaridin atau minyak lemon eucalyptus serta gunakan pakaian tertutup untuk dapat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk bila sedang beraktivitas di luar rumah. Selain itu, segeralah berobat bila muncuk gejala-gejala penyakit demam berdarah sebelum berkembang menjadi semakin parah.

Gejala-Gejala Demam Berdarah, diantaranya :
  • Mendadak panas tinggi selama 2-7 hari, tampak lemah lesu suhu badan antara 38 derajat celcius sampai 40 derajat celcius atau bisa jadi lebih.
  • Kadang-kadang pendarahan di hidung
  • Tampak bintik-bintik merah pada kulit dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang.
  • Mungkin terjadi muntah darah atau berak dengan disertai darah

Selain dengan melakukan pencegahan, ada beberapa langkah untuk meminumalisir resiko penyakit demam berdarah yang telah diderita sebagai upaya penyembuhan sederhana dengan menggunakan bahan-bahan alami dari ramuan alami dan telah terbukti secara klinis mampu mengatasi dan meringankan keluhan penyakit demam berdarah, silahkan simak di Cara Cepat Sembuhkan Penyakit Demam Berdarah

Itulah sajian informasi mengenai Penyebab Terjadinya Penyakit Demam Berdarah. Dengan mengetahui bahaya dan dampak buruk terhadap kesehatan kita, semoga meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga kesehatan agar virus-virus penyebab penyakit demam berdarah tidak menyebar dimana-mana dan tidak terjadi pada lingkungan tempat tinggal kita.

{ 2 komentar... read them below or add one }

Abdul Lathif mengatakan...

Info keren nih mbak, visit juga dong http://aini-nony.blogspot.com/2014/03/gejala-demam-berdarah-yang-perlu-anda.html

Beni aja mengatakan...

artikelnya bagus dan mudah di pahami,,Artikel kesehatan terbaru thanks

Posting Komentar