Cara Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Diposting oleh Unknown on Kamis, 27 Maret 2014

Cara Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi - Tekanan darah tinggi sering disebut dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekana darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergatung apakah otot jantung terkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100-140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60-90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-terusan berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Berikut ini akan kami sajian beberapa tips cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara yang benar maka akan membantu dalam menurukan tekanan darah tinggi. Dan yang peling penting tentu saja dengan membiasakan melakukan pola hidup sehat. Tidak merokok, tidak minum minuman keras, rajin berolahraga, dan perbanyak konsumsi sayuran dan buah.

Cara Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

1. Olahraga Secara Rutin

Olahraga ringan seperti joging yang anda lakukan secara rutin membawa banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan penyerapan oksigen dan menurunkan tekanan darah dengan cara memperkuat jantung anda.

2. Mengkonsumsi Yogurt

Para ilmuan menemukan bahwa yogurt yang kaya akan kalsium mampu membuat pembuluh darah lebih lentur. Hal ini pun akan bermanfaat untuk sirkulasi darah di dalam tubuh.

3. Rajin Mengkonsumsi Pisang

Mulailah untuk memasukkan pisang sebagai menu sarapan anda. Pisang mengandung kalium yang merupakan mineral penting untuk mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh dan membantu menurukan tekanan darah.

4. Batasi Makanan Tinggi Garam

Garam mampu meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri anda. Oleh karena itu, hindarilah mengkonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan instan.

5. Turunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebih turut menyumbang naiknya tekanan darah. Kelebihan berat badan akan membuat jantung bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

6. Jangan Merokok

Nikotin yang terkandung di dalam rokok akan merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin. Adrenalin ini akan membuat jantung berdetak lebih cepat dan membuat bekerja keras.

7. Kurangi Kerja Lembur

Dibandingan dengan mereka yang memiliki jadwal kerja yang teratur, para pekerja yang bekerja lembur berpotensi untuk terkena tekanan darah tinggi hingga 29%. Lembur akan membuat sulit mempunyai waktu untuk berolahraga dan mengkosumsi makanan sehat.

8. Hindari Mendengkur Saat Tidur

Mendengkur dengan keras saat tidur adalah salah satu gejala sleeping apnea dan hal ini merupakan pemicu munculnya tekanan darah tinggi.

9. Kurangi Konsumsi Kafein

Peneliti dari Duke University Medical Center, Amerika Serikat menemukan bahwa mengkonsumsi kafein sebanyak 500 mg atau setara dengan 3 cangkir kopi dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

Ke-9 cara di atas dapat anda lakukan sebagai cara untuk menurunkan hipertensi sebagai pencegah munculnya berbagai macam penyakit lain yang berbahaya. Oleh karena itu apabila anda menderita penyakit ini, redakan dengan cara alami di atas. Anda juga bisa menggunakan obat tradisional penyakit darah tinggi, yang bisa anda simak di Cara Cepat Sembuhkan Penyakit Darah Tinggi.

Udah menjadi rahasia umum bahwa tekanan darah tinggi bisa berisiko terhadap penyakit mematikan seperti stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung. Konsumsi obat hipertensi, di samping bisa menurunkan tekanan darah tinggi, juga tidak mengandung efek samping.

Demikian sajian informasi Cara Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi. Semoga bemanfaat...

{ 2 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

ohhh jadi mendengkur saat tidur itu bisa menyebabkan teknan darah tinggi?

munculny tekanan darah tinggi saat mendengkur itu bagaimana prosesnya dok?
terimakasih

kunjungi juga web kami yaaa http://tanjungherbal.com/xamthone-plus/

Unknown mengatakan...

terimakasih untuk postingannya, sangat bermanfaat untuk kesehatan ;)

visit to http://mobildatsunbandung.com/

Posting Komentar