Obat Untuk Penyakit Asam Urat

Diposting oleh Unknown on Jumat, 21 Maret 2014

Obat Untuk Penyakit Asam Urat - Pengobatan penyakit asam urat dengan menggunakan ramuan tradisional  yang bisa anda racik sendiri, selain aman juga gampang di jumpai. Tanaman apa itu? Berikut ini sajian informasinya.

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

Kadar asam urat dalam tubuh bisa diturunkan dengan beberapa cara baik itu dengan menggunakan obat asam urat secara herbal dan mengubah pola hidup kita menjadi lebih baik. Selain itu, juga perlu menghindari mengkonsymsi makanan / minuman yang dapat menyebabkan asam urat. Berikut ini beberapa pantangan makanan / minuman untuk penderita penyakit asam urat :
  • Makanan yang mengandung banyak zat purin misalnya dari kelompok lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
  • Dari kelompok makanan instant berkemas kaleng seperti kornet, sarden, daging, telur, kaldu dengan kuah daging yang kental
  • Minuman fermentasi dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape maupun tuak
  • Makanan olahan dari jenis kacang-kacangan dan kedelai seperti tempe, taucho, oncom, susu kedelai, kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo dan emping
  • Kelompok sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol dan buncis.
  • Kelompok buah-buahan seperti duren, alpukat, nana dan air kelapa
Semua makanan di atas perlu dihindari untuk anda atau keluarga anda yang sudah terkena asam urat, agar penyakit ini tidak semakin parah. Bagi anda yang saat ini tengah menderita penyakit asam urat, dan ingin mengobatinya dengan menggunakan cara alternatif yaitu dengan menggunakan ramuan herbal dan bisa dibuat sendri di rumah.

Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Asam Urat

  • Daun kumis kucing
Tanaman kumis kucing sudah dikenal sejak dulu dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit sulit buah air kecil. Tanaman ini mengandung senyawa orthosiphonin glikosida dan mengandung sinsetin yang berfungsi sebagai antibakteri. Selait itu kumis kucing dikenal memiliki sifat diuretik yang berguna dalam membantu tubuh membuang kelebihan asam urat melalui urine.

Cara mengkonsumsi daun kumis kucing bisa dicampur dengan beberapa bahan lainnya, seperti : meniran, sawi tanah, jahe merah, dan kapulaga. Bersihkan 10 gram daun kumis kucing, 10 gram sawi tanah, 10 gram meniran, dan 15 gram jahe merah. Semua bahan dimaksukan ke dalam rebusan 1 liter air hinga tersisa hanya setengahnya. Minum air rebusan ini pada pagi, siang, dan sore hari, masing-masing sekitar 120ml. Dengan melakukan hal ini secara teratur setiap hari, maka dapat dipastikan bahwa penyakit asam urat anda akan sembuh.
  • Tanaman sambiloto
Tanaman ini berasal dari India. Tanaman sambiloto mengandung senyawa flavanoid, keton, alkane, aldehid, dan juga mineral seperti natrium, kalium, dan kalsium. Mungkin anda tudak akan menyukai rasanya yang pahit, tapi anda pasti menyukai khasiat tanaman ini. Sambiloto banyak digunakan sebagai anti radang, penawar racun, dan penghilang rasa nyeri.

Cara membuat sambiloto dengan cara merebus 10 gram tanaman ini ke dalam 5 gelas air dan dicampur dengan beberapa herbal lainnya seperti : 10 gram rimpang temulawak, 10 gram komfrey, 1 gram buah lada. Biarkan rebusan ini hingga tersisa sekitar 3 gelas saja. Minumlah ramuan ini secara teratur 3 kali sehari, 1 jam sebelum makan.
  • Daun salam
Daun salam sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan khas Indonesia. Tumbuhan ini mengandung beberapa senyawa di dalam daunnya, antara lain : tannin, flavonoid, dan atsiri. Mulai dari akar, batang, kulit, dan buahnya, bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal, namun yang paling sering dugunakan adalah daunnya.

Cara membuat ramuan daun salam yaitu dengan merebus 15 lembar daunnya di dalam air sebanyak 3-4 gelas. Biarkan rebusan mendidih hingga air tersisia sekitar 1 gelas saja. Minumlah air rebusan ini 2 kali dalam sehari, dengan jumlah setengah gelas sekali minum.
  • Tanaman sindaguri
Sidaguri dikenal dengan nama lain yaitu : siliguri, otak-otak, sadagori, dan bitumu. Akar dari tanaman ini mengandung alkaloid, steroid dan pahredine, dimana dapat digunakan sebagai anti radang, mengurangi rasa sakit, dan melancarkan buang air kecil. Tanaman ini juga sangat baik digunakan untuk mengobati penyakit asam  urat.

Cara mengkonsumsi sidaguri cukup mudah. Masukkan 30 gram herba kering sidaguri ke dalam rebusan 3 gelas air, biarkan mendidih hingga air yang tersisa hanya setengahnya. Minum air rebusan tadi dengan teratur 3 kali sehari sebanyak setengah gelas sekali minum. Minum ramuan ini secara teratur, niscaya penyakit asam urat anda akan sembuh.
  • Teripang / gamat emas
Menurut Riset Dr Mittchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menunjukan teripang berkhasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian.

Menurut dr Zen Djaja MD, dokter di Malang, Jawa Timur, satwa anggota famili Holothuriidae itu mengandung asam lemak 12-MTA alias metthyltetradecanoic acid, asam itu ampuh menghadang enzim 5-Lox atau populer sebagai lipoksigenase, enzim yang mengoksidasi lemak tak jenuh menjadi peroksida. Menurut dokter alumnus Universitas Katolik Atmajaya itu kolagen dalam teripang mengaktifkan enzim urikase sehingga lebih aktif memecah asam urat menjadi allantoin. Dengan demikian asam urat tidak menumpuk dan menumbulkan radang sendi. (tribulus, Jumat, Oktober 10, 2008 07:14:12)

Jika anda atau keluarga anda ada yang sedang menderita penyakit asam urat, alangkah baiknya anda menyarankan mereka untuk mengubah kebiasaan hidup yang tidak sehat dan mulai melakukan hidup yang sedat dam mengkonsumsi makan yang lebih sebat. Selain itu, tidak ada salahnya merekomendasikan pada mereka untuk mengkonsumsi makan / minuman dan ramuan asam urat yang disebukan di atas, atau bisa mengkonsumsi Jelly Gamat Gold-G yang berbahan dasar teripang / gamat emas yang sudah terbukati secara ilmiah dapat mengurangi dan mengobati asam urat dalam tubuh. Untuk informasi lebih lanjut bisa anda kunjungi di Cara Cepat Sembuhkan Penyakit Asam Urat. Terima kasih sudah menyimak Obat Untuk Penyakit Asam Urat

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar