Ramuan Herbal Untuk Panas Dalam

Diposting oleh R Apriliyanti on Selasa, 29 April 2014

Ramuan Herbal Untuk Panas Dalam -“Dalam dunia medis tidak dikenal istilah panas dalam. Jadi panas dalam itu tidak ada. Hanya saja banyak orang telanjur menganggap gejala yang timbul sebagai tanda panas dalam,” katanya. “orang yang mengeluh terkena panas dalam itu seringkali tidak demam. Suhu tubuhnya normal ketika diukur dengan termometer,” kata Dokter Bahdar Johan.

Panas dalam adalah sensasi rasa seperti terbakar di dalam dada atau perut bagian atas. Hal ini yaitu kondisi panas yang terjadi di dalam tubuh, yang mengakibatkan bibir pecah-pecah, mata merah, meriang, lidah terasa pahit, dan lain-lain.

Gejala panas dalam disebabkan oleh gangguan tenggorokan, penyakit lambung, dan hormon yang tidak seimbang, pemicu lain dari panas dalam adalah kurangnya asupan vitamin C ke dalam tubuh, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, makan gorengan, kurang serat, kurang cairan, atau dehidrasi, keseringan memakan yang bersifat panas dan problema cuaca yang terlalu terik (panas).

Ada cara alami untuk menyembuhkan panas dalam dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tersedia disekitar kita. Untuk itu, bagi anda yang sedang mengalami panas dalam, tidak usah khawatir atau susah-susah mencari obatnya, berikut ini akan kami sajikan sajian informasi cara mengobati panas dalam dengan ramuan tradisional dari alam.

Ramuan Herbal Untuk Panas Dalam

1. Air Kelapa Muda

Kelapa muda tidak cuma hanya beri kesegaran juga bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati panas dalam.
Caranya :
Air kelapa dicampur dengan 3 sendok madu asli dan minum 1 kali sehari.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau selain bisa dioleh menjadi bubur, juga bisa dijadikan sebagai obat pereda panas dalam. Kacang hijau juga berkhasiat dalam mengobati penyakit lain selain panas dalam. Misalnya : untuk tekanan darah tinggi, radang ginjal, muntaber, dan masih banyak lagi. Cara menggunakanya adalah kacang hijau direbus dan bisa ditambahkan dengan jahe maupun gula batu secukupnya.

3. Cuka Sari Apel Organik

Selain dengan menggunakan air kepala muda dan kacang hijau, ternyata cuka sari apel juga bisa digunakan untuk mengobati panas dalam. Cara menggunakannya yaitu : dengan cara berkumur dengan cuka sari apel. Cuka apel bermanfaat dalam membersihkan tenggorokan. Selain itu, satu sendok wiski bourbon dicampur dengan segelas air hangat juga dapat dipakai untuk berkumur. Cairan ini berfungsi untuk mematikan bakteri sekalian menenangkan tenggorokan.

4. Terlur Ayam Kambung

Dibandingkan telur ayam buras, telur ayam kampung mengandung komposisi gizi yang jeuh lebih tinggi. Seperti kandungan asam amino, vitamin E. dan lemak omega 3 dua kali lebih banyak dari telur ayam buras. Sehingga tidak heran jika telur ayam kampung dipercaya mampu meningkatkan kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah dapat mengobati panas dalam. Untuk mengobati panas dalam, cara menyajikannya sangatlah mudah, yaitu, rebus sebentar telur ayam kempung, kemudian campurkan dengan satu sendok madu dan sedikit kunyit. Minum dengan sekali tegukan, dengan disertai istirahat yang kukup.

5. Rambut Jagung Muda

Selama ini rambut jagung banyak dibuang dan tidak dimanfaatkan lebih lanjut. Padahal jika menyimak komposisi dari rambut jagung, sangat berkhasiat untuk meredakan gejala panas dalam. Rambut jagung banyak mengandung kompinen flavonoid dan tanin yang dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya untuk panas dalam.
Caranya :
Dengan merebus segenggam rambut jagung dengan sedikit bahan tambahan (jagung dan jahe) serta gula batu, setelah medidih, lakukan penyaringan. Setelah disaring maka minum airnya 1 hari sekali, minum ramuan rambut jagung muda ini sampai panas dalam anda pulih.

6. Air Garam

Selain bisa berkumur dengan cuka apel bisa juga berkumur dengan air garam. Cara ini bisa menolong kurangi sakit tenggorokan dikarenakan iritasi hawa kering atau alergi yang disebabkan oleh panas dalam.

7. Madu dan Air Perasan Lemon
 
Obat tradisional yang sering digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan biasanya dengan menggunakan 1 sendok madu dicampur dengan air hangat dengan perasan lemon merupakan cara alami yang baik sebagai pengusir panas dalam yang membandel. Cara ini bisa melapisi serta dapat menenangkan iritasi pada bagian tenggorokan.
 
Gejala awal panas dalam biasanya penderita seringkali mengalami sariawan, sakit tenggorokan, batuk diare, bibir pecah-pecah, bau mulut tidak sedap, konstipasi, buang air besar disertai darah bahkan mimisan.

Jika panas dalam tiba-tiba menyerang, jangan khawatir. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya salah satunya yaitu dengan cara menggunakan ramuan yang sudah disebutkan diatas.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa salah satu gejala awal panas dalam adalah sariawan. Jika sariawan anda tidak kunjung sembuh hingga berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu, alangkah baiknya anda segera lakukan pemeriksaan dan segera lakukan pengobatan. Berikut ini informasi Cara Cepat Sembuhkan Sakit Sariawan.

Demikian sajian informasi Ramuan Herbal Untuk Panas Dalam. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkan pengobatan, baik dengan menggunakan ramuan tradisional maupun dengan menggunakan obat tradisional. Selamat mencoba...

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar