Jenis Dan Gejala Penyakit Hepatitis

Diposting oleh R Apriliyanti on Senin, 07 April 2014

Jenis Dan Gejala Penyakit Hepatitis - Informasi seputar penyakit hepatitis dan gejalanya. Kali ini akan kami sajikan untuk anda yang ingin mengetahui jenis-jenis dari penyakit hati ini, dan perlu diwaspadai dengan mengetahui gejala-gejalanya agar pengobatan segera dilakukan agar tidak memperparah suatu penyakit. Berikut ini simak sajian unformasinya.

Penyakit Hepatitis

Hepatitis merupakan perdangan yang terjadi pada hati. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat merusak kesehatan secara keseluruhan. Racun yang seharusnya dilawan oleh hati tetap berada dalam darah dan mengendap dan kemudian merusak dan mengganggu organ lainnya.

Penyakit hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh beberapa jenis virus yang menyerang dan menyebabkan perdangan serta merusak sel-sel organ hati manusia. Beberapa jenis virus hepatitis, diantaranya hepatitis A, B, C, D dan E. Selain itu, penyakit ini juga bisa terjadi kerena infeksi virus lainnya, sepetti mononukleosis infeksionsa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Sedangkan penyebab lain penyakit hepatitis adalah alkohol dan obat-obatan.

Dari kelima virus hepatitis, yang paling sering menginfkesi orang adalah virus hepatitis B, bahkan dapat diperkirakan 1 diantara 3 orang di bumi pernah terinfeksi. Sekitar 78% dari penderita hepatitis menimpa orang-orang Asia dan Kepulauan Pasifik. Virus ini menyebabkan kematian sedikitnya 600 ribu orang per tahunnya.

Jenis-Jenis Penyakit Hepatitis

  • Penyakit Hepatitis A
Hepatitis A adalah golongan penyakit hepatitis yang ringan dan jarang sekali menyebabkan kematian. Virus hepatitis A penyebarannya melalui kotoran / tinja penederita yang penularannya melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, bukan melalui aktivitas sexual atau melalui darah. Contohnya : ikan atau kerang yang berasal dari kawasan air yang dicemari oleh kotoran manusia penderita hepatitis A.

Gejala Penyakit Hepatitis A

Pada minggu pertama, individu yang dijangkiti akan mengalami sakit seperti kuning, keletihan, demam, hilang selera makan, muntah-muntah, pusing dan kencing yang berwarna hitam pekat. Demam yang terjadi adalah demam yang terus-menerus, tidak seperti demam yang lainnya yaitu pada demam berdarah, tbc, tipes, dll.
  • Penyakit Hepatitis B
Penyakit hepatitis B adalah penyakit infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Pada beberapa orang infeksi hepatitis B dapat menjadi kronis dan menyebabkan kegagalan hati, kanker hati atau kerusakan pada jaringan hati.

Gejala Penyakit Hepatitis B

Secara khusus tanda dan gejala terserangnya virus hepatitis B yang akut adalah demam, sakit perut dan kuning (terutama pada area mata yang putih / sklera). Namun bagi penderita hepatits B kronik akan cenderung tidak tampak tanda-tanda tersebut, sehingga penularan kepada orang lain menjadi lebih beresiko.
  • Penyakit Hepatitis C
Hepatitis C adalah penyakit hati yang menular yang disebabkan virus hepatitis C, virus kerap disebut wabah terselubung atau silent disease. Sebab penyakit ini tidak memliki gejala khusus. Bahkan sering kali gejala-hejala hepatitis dianggap biasa-biasa saja dan justru menjadu indikasi penyakit lain.

"Kebanyakan penderita tidak menyadari jika dirinya sedang terinfeksi virus hepatitis C akut. Gejala seperti mual, lelah, dan perut begah sering dianggap gejala masuk angin, maah, atau kelelahan. Bisa juga gejalanya berupa sindrom seperti mau flu", kata dr. Femmy Nurul Akbar SpPD KGEH.

Diakui dr Femmy, perkembangan virus hepatitis C kronik bisa memakan waktu sepuluh tahun sampai 15 tahun. Itulah faktor utama penderita kerap mengabaikan gejalanya dan tidak melakukan pemeriksaan seperti medical check up. Namun, saat hepatitis C sudak kronik, bahkan menjadi sirosis hati, baru daya tahan tubuh melemah.

Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Perlu di ingat bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Salah satu cara pencegahan penyakit hepatitis adalah dengan melakukan vaksinasi terhadap virus hepatitis, hanya saja untuk hepatitis C tidak ada vaksin untuk pencegahannya. Saat ini vaksinasi mudah didapat walaupun harganya masih terlalu mahal. Berhati-hati terhadap apa yang kita pakai juga merupakan cara yang efektif untuk mencegah penyakit hepatitis. Dan jika anda merasa terinfeksi salah satu virus hepatitis, maka segera kunjungi dokter ahli dan mengambil langkah yang diperlukan untuk mencegah orang lain terinfeksi.

Selain itu, untuk pengobatan penyakit hepatitis bisa dengan menggunakan obat tradisional Jelly Gamat Gold-g sebagai obat penyembuh penyakit hepatitis yang memiliki efek sebagai hepatoprotektor yaitu melindungi hati dari pengaruh zat toxin yang bisa merusak sel hati, selain mudah didapat juga sangat pas dikantong, bisa dijangkau oleh semua kalangan. Untuk mengetahui informasinya lebih lengkap mengenai kandungan yang ada di dalam obat herbal tersebut bisa anda simak di => Cara Cepat Sembuhkan Penyakit Hepatitis

Sebuah sistem kekebalan yang kuat adalah salah satu kunci untuk tetap sehat dan terhindar daru berbagai penyakit. Memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari dan disertai dengan istirahat yang cukup. Lakukan vaksinasi kepada anak-anak sedini mungkin untuk mencegah datangnya virus hepatitis. Itulah informasi Jenis Dan Gejala Penyakit Hepatitis semoga dapat memeberikan manfaat...Aamiin

{ 1 komentar... read them below or add one }

Ace Maxs mengatakan...

thanks mas bro, mantab banget nih...

http://emangobattradisional.blogspot.com/2015/04/cara-menyembuhkan-hepatitis-b.html

Posting Komentar