Ramuan Untuk Mengobati Sakit Kepala

Diposting oleh R Apriliyanti on Sabtu, 26 April 2014

Ramuan Untuk Mengobati Sakit Kepala - Cari tahu bagaimana cara mengobati penyakit sakit kepala dengan menggunakan ramuan herbal yang sebenarnya bisa kita dapat dari kekayaan alam yaitu Indonesia. Tidak perlu dengan menggunakan obat kimia, ternyata dengan menggunakan cara alami bisa kita gunakan untuk menyembuhkan sakit kepala. Berikut ini simak sajian informasinya.

Ramuan Untuk Mengobati Sakit Kepala

Selain upaya medis, ramuan tradisional juga dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala. Ada berbagai jenis tanaman yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan sakit kepala, antara lain :

1. Bawang Putih

Bukan hanya sebagai bumbu dapur saja, dalam bawang putih memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah untuk menurunkan tekanana darah tinggi, melancarkan sirkulasi darah, pencegahan penyakit jantung, dan lain-lain. Ternyata bumbu dapur ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala. Cukup tumbuk bawang putih hingga halus, kemudian kompreskan pada dahi.

2. Ubi Kayu

Dalam meredakan sakit kepala dengan ubi kayu, yang kita butuhkan adalah daunnya. Ambil 3 lembar daun ubi kayu kemudian tumbuk hingga halus dan gunakan untuk kompres dahi.

3. Lenglengan

Cara membuat ramuan tradisional untuk sakit kepala dengan menggunakan lenglengan yeitu dengan cara mencuci lenglengan hingga bersih, giling halus, kemudian tambahkan 1 cangkir air bersih dan pakai untuk mengompres dengan handuk kecil yang dibasahi dengan ramuan tadi, lakukan 3 kali sehari, Insya Allah sakit kepala yang anda rasakan akan segera mereda.

4. Kencur

Terkenal sebagai bahan rempah-rempah untuk menambah cita rasa makanan yang memiliki rasa yang khas. Ternyata kencur sangat bermanfaat untuk meredakan sakit kepala, caranya : ambil 2-3 lembar daun kencur tumbuk hingga halus, oleskan dan sebagai kompres dahi dan pelipis.

5. Temulawak

Cara membuat ramuan ini yaitu : ambil beberapa rimpang temulawak, iris tipis keringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Ambil kurang lebih 2 genggam tepung temulawak tersebut kemudian rebus dengan 4-5 gelas air, didihkan dan buat hingga tersisa 3 gelas, saring dan minumlah ramuan pereda sakit kepala dari temulawak ini.

6. Halia

Ambil 2-3 lembar daun halia, tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air dan kompreskan di dahi.

7. Melati

Ambil 1 genggam daun melati dan 10 bunga melati. Untuk membuat ramuan herbal penyembuh sakit kepala ini cukup mudah, hanya meremas-remas dengan tangan kemudian rendam dengan air dalam wadah, dan gunakan air hasil dari remasan daun dan bunga melati tersebut untuk mengkompres dahi.

8. Teh

Air teh kental 3/4 cangkir, diberi air jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh dan madu 1 sendok makan. Aduk sampai merata, lalu diminumnya sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

Catatan :
Keracunan kafeina kronis: Bila minum 5 cangkir teh setiap hari yang setara dengan 600 mg kafeina, lama kelamaan akan memperlihatkan tanda dan gejala seperti gangguan pencernaan makanan (dispepsia), Fasa lemah, gelisah, tremor, sukar tidur, tidak nafsu makan, sakit kepala, pusing (vertigo), bingung, berdebar, sesak napas, dan kadang sukar buang air besar.

9. Pule Pandak

Gunakan akar pule pandak sebanyak 10-15 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum 2 kali. pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas.

Catatan :
  • Pule pandak meningkatkan keluarnya asam lambung sehingga dapat menyebabkan perdarahan lambung
  • Penderita dengan penyakit lambung dan kondisi badan lemah jangan minum rebusan pule pandak
  • Sudah dibuat tablet dengan nama dagang tablet Reserpin, tablet
  • Ancom, dan tablet Maishujing.
10. Bunga Matahari

Ternyata bunga matahari banyak manfaatnya, selain bijinya dapat dijadikan cemilan juga dapat dijadikan ramuan pereda sakit kepala. Caranya : ambil 25 - 30 gr bunga + 1 butir telur ayam (tidak dipecahkan) + 3 gelas air, direbus menjadi 1/2 gelas. Diminumnya sesudah makan, 2x sehari.
Perhatian : Wanita hamil dilarang minum rebusan bunga !

11. Bangle

Gunakan rimpang bangle yang masih segar, ambil saja secukupnya. Cuci lalu parut dan tambahkan sedikit air hingga menjadi adonan seperti bubur, pakai di pelipis dan dahi.

12. Kaki Kuda

Ambil 1 genggam daun kaku kuda dan seujung makan jintan, rebus dengan 2 gelas air dan sisakan hingga 1/2 gelas, saring tambah 1 sdm madu kemudian minum.

Selain dengan menggunakan ramuan tradisional di atas, anda juga bisa menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit sakit kepala atau sakit kepala migrain. Untuk informasinya bisa anda simak di => Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Migrain

Demikian sajian informasi mengenai Ramuan Untuk Mengobati Sakit Kepala. Semoga bermanfaat untuk anda yang membutuhkan pengobatan untuk meredakan sakit kepala, bisa anda gunakan ramuan-ramuan pereda sakit kepala di atas atau bisa dengan menggunakan obat tradisional sakit kepala yang langsung tanpa harus meraciknya. Selamat mencoba...

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar