Cara Penularan Nyamuk Demam Berdarah

Diposting oleh R Apriliyanti on Minggu, 06 April 2014

Cara Penularan Nyamuk Demam Berdarah - Nyamuk jenis aedes aegypti merupakan penyebab utama dari penyakit demam berdarah. Nyamuk jenis ini banyak dikatakan memiliki kebiasaan hidup yang sangat berbeda dengan nyamuk pada umumnya, karena nyamuk jenis ini mulai aktif dari pagi hingga sore hari. Nyamuk aedes aegypi betina dewasa kerap kali menjadi tersangka utama dalam penularan penyakit demam berdarah, karena nyamuk bertina dewasa perlu darah untuk bertahan hidup dan berkengbang biak, sedangkan nyamuk jantan dewasa tidak menghisap darah tetapi memakan nectai (sari bunga) dari tumbuhan.

Penyakit demam berdarah terjadi apabila nyamuk aedes aegypti menggigit manusia yang telah terjangkit penyakit DB, jamuk jenis ini membawa virus dari manusia yang tekah terjangkit penyakit DB ke manusia lainnya dengan cara menggigit dan menghisap darahnya.

Proses Penularan Nyamuk Demam Berdarah

Dengue virus ditularkan / disebarkan sebagaian besar oleh nyamuk aedes, khususnya jenis nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini biasanya hidup di antara garis lintang 35° Utara dan 35° Selatan, di bawah ketinggian 1000 m. Nyamuk-nyamuk tersebut lebih sering menggigit pada siang hari. Satu gigitan dapat menginfeksi manusia.

Terkadang, nyamuk juga tertular dengue dari manusia. Jika nyamuk betina yang menggiggit orang yang terinfeksi, nyamuk tersebut dapat tertular virus. Mulanya virus hidup di sel yang menuju saluran pencernaan nyamuk. Sekira 8 hari hingga 10 hari berikutnya, virus menyebar ke kelenjar saliva nyamuk, yang memproduksi saliva (ludah). Ini berarti bahwa saliva yang diproduksi oleh nyamuk tersebut terinfeksi virus dengue. Oleh karena itu, ketika nyamuk menggigit manusia, saliva yang terinfeksi tersebut masuk ke dalam tubuh manusia dan menginfeksi orang sepanjang hidupnya. Nyamuk aedes aegypti adalah nyamuk yang paling banyak menyebarkan dengue. Ini karena nyamuk tersebut menyukai hidup berdekatan dengan manusia dan makan dari manusia alih-alih dari binatang. Nyamuk ini juga suka bertelur di wadah-wadah air yang dibuat oleh manusia. Dengue juga dapat disebarkan melalui produk darah yang telah terinfeksi dan melalui donasi organ.

Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti

  • Berwarna hitam dan belang-belang (loreng) putih pada seluruh tubuh
  • Berkembangbiak di tempat penampungan air (TPA) dan barang-barang yang memungkinkan air tergenang sepeti : bak mandi, tempatyan, drum, vas bunga, ban bekas dll.
  • Nyamuk aedes aegypti tidak dapat berkembang biak di selokan / got atau kolam yang airnya langsung berhubungan dengan tanah
  • Biasanya menggigit manusia pada pagi dan sore hari
  • Mampu berkembang sampai 100 meter
Jika masyarakat menjumpai anggota keluarga atau tetangga di lingkungan dengan gejala yang menunjukan adanya DBD, segera dibawa ke Puskesmas untuk pemeriksaan trombosit.

Penanggulangan Penderita Demam Berdarah

Dr Rita menjelaskan dalam menangani kasus demam berdarah hanyak perlu bermain dengan cairan, saat terjadi kebocoran harus banyak minum, tapi saat kebocoran sudah selesau maka dalam waktu 2x24 jam asupan cairan harus dikurangi.

Berikut ini beberapa hal yang mesti dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama terhadap penderita demam berdarah, diantaranya :
  • Memberikan minum sebanyak mungkin
  • Kompres agar panasnya turun
  • Memberikan obat menurun panas
  • Jika dalam waktu 3 hari demam tidak turun atau malah naik segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas
  • Jika tidak bisa minum atau muntah terus menerus, kondisi bertambah parah, kesadaran menurun atau hilang maka harus dirawat di rumah sakit

Cara Mencegah Terjadinya Demam Berdarah

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan demi terhindar dari penyakit demam berdarah. Dan hal utama yang terlebih dahulu kita lalukan adalah menjaga kebersihan lingkungan, agar tidak ada genangan air yang bisa dijadikan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk, Menguras tempat air yang selalu kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, agat tidak ada telur ataupun jentik nyamuk, mengubur dan membuang sampah dengan benar agar tidak ada tempat untuk perkembangbiakan nyamuk. Langkah-langkah tersebut adalah beberapa kegiatan sederhana yang justru memiliki peran penting dalam mencegah dan menghindari penyakit demam berdarah.

Jika memang anda sudah terlanjur terjangkit oleh penyakit demam berdarah, segera lakukan pengobatan agar penyakit demam berdarah yang dikeluhkan tidak menjadi semakin parah. Karena jika tidak segera ditangani dengan tepat, dampak terburuk yang sangat mungkin terjadi adalah dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya. Kami memiliki rekomendasi penyembuhan penyakit demam berdarah dengan menggunakan obat tradisional, simak sajian selengkapnya di Cara Cepat Sembuhkan Penyakit Demam Berdarah

Semoga informasi diatas mengenai Cara Penularan Nyamuk Demam Bedarah dapat bermanfaat. Lakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak ada alasan untuk nyamuk demam berdarah berkembang biak dilingkuan anda, dan pentingnya menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar kita sebagai lengkap utama pencegahana penyakit demam berdarah.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar