Penyebab Dan Gejala Penyakit Chikungunya

Diposting oleh R Apriliyanti on Rabu, 02 April 2014

Penyebab Dan Gejala Penyakit Chikungunya - Mengetahui berbagai gejala dan penyebab penyakit demam chikungunya agar pengobatan penyakit chikungunya bisa dilakukan sedini mungkin. Berikut ini informasi penyakit chikungunya, penyebab dan gejalannya.

Penyakit Chikungunya

Chikungunya adalah jenis demam virus yang disebabkan alphavirus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk dari spesies aedes aegypti. Namanya berasal daru sebuah kata dalam bahasa Makonde yang berarti "yang melengkung ke atas", merujuk kepada tubuh yang membungkuk akibat gejala-gajala athritis penyakit ini.

Penyakit chikungunya merupakan salah satu penyakit yang pernah merebak di wilayah Indonesia. Nama penyakit ini berasal dari bahasa Swahili yang artinya posisi tubuh melengkung. Jadi, pada umumnya penyakit chikungunya mengarah pada postur tubuh membungkuk karena nyeri sendi hebat yang menyerang bagian lutut, persendian tangan dan kaki, serta bafian pergelangan kaki, bisa juga menimbulkan rasa nyeri pada tulang belakang, jari tangan dan kaki.

Penyebab Penyakit Chikungunya

Demam chikungunya disebabkan oleh infeksi virus chikungunya. Virus ini masih satu keluarga dengan virus dengue, penyebab demam berdarah dengue (DBD). Virus ini masuk ke tubuh menusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti atau aedes albopictus yang juga nyamuk penular DBD.

Demam chikungunya sering rancu dengan DBD karena mempunyai gejala yang awal yang hampir sama, tetapi gejala nyeri sendi merupakan gejala yang penting pada demam chikungunya. Tetapi untuk pasti pembedaannya adalah dengan pemeriksaan labolatorium darah pada demam hari ke 3. Serangan demam chikungunya dalam bentuk KLB (kejadian luar biasa) sudah sering terjadi, terutama pada musim penghujan.

Gejala Penyakit Chikungunya

  • Gejala pada anak, anak kecil pada awalnya akan menderiya demam secara mendadak, ruam-ruam kemerahan setelah 3-5 hari, mata memerah dan flu. Terkadang juga terjadi kejang pada anak jika suhu panas tinggi. Anak yang lebih besar akan memgalami demam yang disertai rasa nyeri otot dan sendi, kelenjar getah bening membesar. Biasanya, demam pada anak hanya terjadi dalam waktu 3 hari saja.
  • Gejala pada orang dewasa, biasanya demam dialami selama 5 hari disertai nyeri sendi, pegal-pegal, tulang terasa sakit dan ngilu. Meskipun ada beberapa yang merasakan kelumpuhan, hal ini hanya sementara saja karena disebabkan rasa nyeri yang hebat. Namun, tidak menyebabkan kelumpuhan total.

Cara Mencegah Penyakit Chikungunya

  • Selalu bersihkan lingkungan rumah agar tidak menjadi tempat perindukan nyamuk sehingga bebas dari nyamuk aedes
  • Periksa rumah dan lingkungan sekitar sekurang-kurangnya seminggu sekali untuk memastikan tidak ada pembiakan nyamuk aedes
  • Segera memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit terdekat apabila mengalami tanda dan gejala penyakit chikungunya

Obat Untuk Penyakit Chikungunya

Obat Tradisional Penyakit Demam Chikungunya alami produk asli Indonesia yang bisa menolong menyembuhkan penyakit chikungunya terbuat dari daun sirsak serta kulit manggis, dimana keduanya sejak dahulu sudah dipakai sebagai ramuan herbal untuk menangani beragam jenis penyakit dikarenakan dapat dibuktikan bermanfaat dapat menambah kesehatan tubuh manusia dengan alami. Saat ini dibantu beberapa pakar dengan didukung teknologi canggih ke 2 bahan tersebut ada dalam kemasan yang lebih praktis serta takaran yang cocok dan terjamin kemurnian berbahannya terjaga. Cara mengatasi penyakit chikungunya dengan menggunakan bahan alami, untuk lebih lengkapnya bisa anda simak di Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Chikungunya.

Demikian sajian informasi Penyebab Dan Gejala Penyakit Chikungunya. Semoga bermanfaat...

{ 1 komentar... read them below or add one }

Dokter spesialis Kelamin mengatakan...

Bagi pria, impoten atau masalah disfungsi ereksi menjadi mimpi buruk saat bercinta. Namun wanita pun sebaiknya jangan langsung meninggalkan pasangan yang mengalami kesulitan seperti itu. Jadi coba simak tips menghadapi pria impoten di atas ranjang seperti yang dilansir dari Cosmopolitan berikut ini.

Bukan salah Anda
Pada awalnya, wanita merasa bersalah ketika tahu bahwa pasangannya tidak terangsang. Padahal masalah disfungsi ereksi ini bukan sepenuhnya salah wanita. Sebab kondisi kesehatan pria yang sebenarnya menjadi penyebab impotensi.

Memahami pria
Pria yang menderita impotensi cenderung enggan bercinta dan membicarakan masalah tersebut pada pasangannya. Jadi wanita pun sebaiknya tidak menjadikannya bahan gurauan. Sebaliknya, pahami posisi pria dan jangan anggap sepele masalah ini.

Mencari penyebab
Ada banyak faktor yang bisa memicu disfungsi ereksi. Misalnya stres, kondisi fisik yang lemah, atau pengaruh obat-obatan. Cari tahu penyebab yang sebenarnya dari impotensi pria untuk mengatasinya dengan segera.

Andrologi | Mengatasi ejakulasi dini

Infeksi saluran kemih | Gangguan fungsi seksual

Klik chat | Free chat

Posting Komentar