Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Diposting oleh R Apriliyanti on Rabu, 21 Mei 2014

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes - Berikut ini sajian informasi Pantangan Makanan Bagi Penderita Rematik, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang mesti di hindari dan jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan tersebut. Berikut makanan dan minuman yang tidak baik untuk penderita diabetes :

1. Nasi

Nasi merupakan makanan yang pokok sebagian masyarakat Indonesia. Jika dilihat dari nilai gizi satu porsi nasi putih, nasi putih tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Karbohidrat sangat identik dengan kandungan glukosanya yang sangat tinggi. Oleh karena itu anda yang menderita diabetes sebaiknya kurangi mengkonsumsi nasi putih, karena salah satu makanan pantangan diabetes. Jika perlu anda ganti menu makanan nasi putih anda dengan menu makanan lain yang mempunyai kandungan karbohidrat yang setara dengan satu porsi nasi putih. Alternatif menu lain sebagai pengganti nasi putih adalah beras merah dan beras coklat yang terbukti lebih sehat dan lebih aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena kandungan gulanya sangat redah.

2. Roti Putih

Roti putih adalah jenis roti yang terbuat dari terpung putih yang ternyata mempunyai kandungan glukosa yang sangat tinggi. Bagi penderita diabetes, sebaiknya konsumsi roti yang terbuat dari gandum. Gandum merupakan sumber karbohidrat yang mempunyai kandungan gula lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih, kentang dan mie.

3. Soda

Soda terlihat sangat segar jika anda sedang merasakan haus yang sangat luar biasa. Namun perlu anda ketahui bahwa soda adalah salah satu jenis makanan pantangan diabetes yang wajib dihindari oleh para penderita diabetes. Menurut penelitian yang berjudul The Nurses Health Study II menunjukan bahwa wanita yang sering mengkonsumsi soda secara rutin akan mengalami kegemukan dalam waktu yang cukup relatif singkat. Selain resiko kegemukan, ternyata konsumsi soda yang rutin dan berlebihan juga akan meningkatkan resiko penyakit diabetes. Penyebab utama kenapa soda berpengaruh dalam meningkatkan resiko penyakit diabetes, karena kandungan pemanis yang ada pada kandungan soda tersebut. Asupan kalori cair yang terkandung dalam soda juga salah satu faktor yang berkontribusi besar dalam terjadinya resiko penyakit diabetes.

4. Kentang

Selain nasi putih yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi ternyata kentang juga dikategorikan sebagai sumber karbohidrat yang dilarang dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Kandungan glikemiknya yang tinggi menyebabkan makanan yang dari jenis umbi-umbian ini dilarang dikonsumsi oleh penderita diabetes tingat akut. Para ahli penyakit diabetes menyarankan pada penderita gula darah ini agar mereka bisa mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi berbagai jenis olahan kentang baik kentang gorang, panggang, ataupun kentang rebus.

5. Pasta dan Mie

Menurut penelitian para ahli gizi, pasta dan mie mempunyai kandungan glikemik yang sangat tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa pasta dan mie terbuat dari sebagian besar karbohidrat murni seperti tepung beras dan gamdum yang notabene mempunyai kandungan glukosa yang sangat tinggi. Jika penderita diabetes tetap masih mengkonsumsi makanan jenis ini maka kadar gula dalam daranya akan semakin meningkat. Alhasil, penyakit diabetes mereka akan semakin kronis. Jika dibiarkan maka akan menjadi komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes itu sendiri. Kemungkinan penyakit komplikasi yang timbul karena penyakit ini adalah penyakit jantung, gagal ginjal, hingga kebutaan.

6. Kafein

Menurut penelitian yang berjudul Diabetes Care yang ditulis oleh klipatrick dan Hudson Lee pada tahun 2005 menujukan bahwa kopi bisa membawa dampak buruk, bukan karena kandungan kafeinnya tapi gula yang mendampingi kopi tersebut. Fakta membuktikan peminum kopi selalu memberikan gula yang banyak untuk mengurangi rasa pahit kopi. Oleh karena itu, sebaiknya anda yang menderita sakit diabetes untuk mengurangi konsumsi minuman kopi ini, tapi jika anda bisa konsumsi kopi tanpa gula maka akan baik-baik saja.

7. Gorengan

Sekilas gorangan adalah makanan ringan yang dianggap tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi fakta berkata lain, satu buah gorengan mengandung kolesterol tinggi yang bersumber dari minyak yang dipakai berkali-kali untuk menggoreng. Fakta lain dai bahaya konsumsi gorangan adalah salah satu penyebab penyakit regeneratif yang dapat memicu penyakit yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular dan stroke yaitu tersumbatnya pembuluh darah koroner pada tubuh. Dan konsumsi gorengan secara rutin dan berlebihan dapat menyebabkan kelainan dislipidemia yaitu kelainan prose metabolisme lipid dimanan adanya peningkatan kadar kolesterol total, kolesterol jahat dan menurunya jumlah kolesterol baik. Karena mengkonsumsi gorengan yang mengandung banyak lemak, mulai dari sekarang sebaiknya batasi atau bahkan bisa perlu hentikan konsumsi gorengan agar terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Selain dengan menghindari beberapa jenis pantangan makanan penderita penyakit diabetes, kita juga dianjurkan untuk melakukan pengobatan, agar proses penyembuhkan berlangsung lebih cepat. Tidak usah khawatir, penyembuhan penyakit diabetes ini bisa kita lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, karena bahan-bahan penyembuh penyakit diabetes tersebut berasal dari tanaman herbal, silahkan simak lebih lanjutnya di => Cara Cepat Sembuhkan Penyakit Diabetes

Dengan menghindari pantangan makanan untuk penderita diabetes tersebut, diharapkan dapat membantu dan mempercepat proses penyembuhan penyakit diabetes yang sedang dialami. Jalanilah hidup dan pola makan yang lebih sehat, Insya Allah, kesembuhan yang anda harapkan akan segera terwujud. Semoga bermanfaat...

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar