Jenis-Jenis Penyakit Pada Bayi

Diposting oleh Unknown on Jumat, 30 Mei 2014

Jenis-Jenis Penyakit Pada Bayi - Beberapa macam penyakit yang sering menyerang balita, yang perlu bunda-bunda waspadai yang dapat memicu kesehatan pada sang buah hati bunda. Berikut ini macam penyakit pada bayi :

Jenis-Jenis Penyakit Pada Bayi

Ada beberapa penyakit mungkin dianggap ringan dan biasa, namun bunda patut waspada karena penyakit ringan pada orang dewasa dapat menyebabkan dampak yang berbahaya pada bayi. Segera lakukan pengeriksaan kepada dokter anak dan segera lakukan pengobatan agar bunda dapat bertindak cepat dan tepat dalam mencegah dan menanggulangi kondisi tersebut.

Macam-macam penyakit yang paling umum penyerang balita, antara lain :

1. Ruam

Ruma pada bayi merupakan salah satu hal yang paling umum terjadi, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kulit kering, lecet, infeksi, atau alergi. Kulit bayi jauh lebih sensitif bila dibanding kulit orang dewasa, sehingga akan lebih rentan terhadap penyebab ruam. Untuk menghindari ruam akibat pemakian popok, jangan biarkan popok basah terlalu lama di pakai, jika popok sudah penuh segera ganti yang baru. Gunakan lotion khusus bayi atau baby oil untuk mengatasi kulit kering pada bayi.

2. Demam

Perlu bunda ketahui bahwa demam pada bayi bukanlah penyakit, namun kondisi dimana tubuh mengalami kenaikan suhu sebagai respon dari berbagai kondisi termasuk infeksi, seperti akan tumbuh gigi, atau setelah imunisasi. Hubungi dokter segera jika bayi yang berusia dibawah 3 bulan memiliki suhu 38 derajat celcius dan berusia 3-6 bulan memiliki suhu 38.3 derajat celcius, melalui pengukuran suhu lewat anus. Cara merdakan demam pada bayi yaitu : kompres kepala dan tubuh bayi dengan menggunakan kain basah atau kompres siap pakai. Upayakan bayi minum ASI banyak dan jangan kenakan pakaian terlalu tebal atau berlapis-lapis.

3. Diare

Menurut para ahli kesehatan anak, diare adalah problem kesehatan yang paling sering terjadi pada bayi dan balita. Perlu diketahui bahwa ada banyak hal yang dapat menyebabkan si kecil mengalami diare, termasuk diantaranya adalah infeksi bakteri, sensitif terhadap beberapa jenis makanan, dan terlalu banyak minum jus buah. Jika hal ini terjadi dalam 24 jam, apalagi disertai dengan muntah dan demam, segera hubungi dokter anak. Perbanyak asupan cairan terutama air putih atau oralit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

4. Demam

Ada banyak penyebab batuk pada balita, penyebab yang paling umum adalah infeksi virus. Jika batuk yang disertai degan demam sedang, kemungkinan disebabkan oleh infeksi virus. Para ahli kesehatan anak mengingatkan bahwa obat batuk sebaiknya tidak diberikan kepada bayi yang berusia dibawah 4 bulan. Berikan ASI lebih sering, dan pantau kondisi demamnya, jika dalam beberapa hari tidak juga membaik, segera hubungi dokter.

5. Sembelit

Cara gampang mendeteksi sembelit pada bayi adalah dengan cara mengamati pada saat mereka buang air besar. Jika mereka menangis setiap kali BAB dan feses nya berbentuk padat dan cukup keras, maka kemungkinan si buah hati mengalami sembelit. Menambahkan asupan cairan yang berasal dari ASI atau jus buah biasanya akan membantu meringankan tanda-tanda sembelit. Hubungi dokter jika kondisi si kecil tidak kunjung membaik.

Jenis-jenis penyakit di atas memang biasa dan mungkin terjadi pada bayi anda sejak lahir hingga usia-usia tertentu. Bunda tidak perlu panik, tapi jika kondisi semakin parah maka sebaiknya segera bawa ke dokter.

Itulah sajian informasi jenis-jenis penyakit pada bayi, semoga bermanfaat untuk bunda-bunda.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar