Penyebab Anemia Dan Cara Mengatasi Anemia

Diposting oleh R Apriliyanti on Kamis, 15 Mei 2014

Penyebab Anemia Dan Cara Mengatasi Anemia - Berikut ini akan kami sajikan sajian informasi mengenai beberapa penyebab penyakit kurang darah dan cara mengatasi penyakit kurang darah. Berikut ini informasinya.

Penyebab Anemia

Anemia atau kurang darah dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis sesui dengan penyebabnya dan juga mekanisme terjadinya anemua itu sendiri. Mengetahui macam-macam atau penyebab anenia dapat memudahkan dalam proses menyembuhkannya. Berikut penyebab penyakit anemia :

1. Penyebab Anemia Kerena Kehilangan Darah

Sel darah dapat hilang ketika seseorang mengeluarkan darah atau berdarah oleh sebab apapun seperti kecelakaan, terluka, dsb. Namun perdarahan dapat terjadi perlahan-lahan selama jangka waktu yang panjang, dan adakalanya tidak terdeteksi. Hal ini juga dapat disebut dengan perdarahan kronis, yang dapat disebabkan oleh :
  • Penyakit pencernaan seperti maag, wasir, gastritis (radang lambung), dan kanker
  • Penggunaan obat anti-inflamasi seperti aspirin atau ibuprofen, yang dapat menyebabkan gastritis dan pendarahan saluran cerna
  • Menstruasi dan melahirkan pada wanita, terutama jika perdarahan menstruasi yang berlebihan.
2. Penyebab Anemia Karena Kurangnya Produksi Sel Darah Merah

Anemia bisa terjadi karena kurangnya kuantitas dan kualitas sel darah merah, yaitu kurangnya produksi sel darah merah atau terganggunya pembentukan homoglobin. Selain itu, dapat pula terbentuk sel darah meran dan homoglobin yang tidak bagus sehingga fungsinya tidak optimal.

Penyebab penyakit anemia jenis ini biasanya terkait dengan kurangnya mineral dan vitamin yang dibutuhkan dalam memproduksi sel darah merah dan homoglobin. Kondisi yang terkait dengan penyebab anemia jenis ini diantaranya :
  • Anemia sel sabit
  • Anemia defisiensi besi
  • Kurangnya vitamin B12, dan asam folat
  • Masalah sumsum tulang dan stem cell
  • Kondisi kesehatan lain
Penyebab Anemia Karena Rusaknya Sel Darah Merah

Ketika sel-sel darah merah rapuh dan tidak dapat menahan stres rutin dari sistem peredaran darah, maka dapat pecah secara prematur, sehingga menyebabkan anemia hemolitik. Anemia hemolitik dapat hadir pada saat lahir atau berkembang kemudian. Kadang-kadang tidak diketahui penyebabnya.

Berikut ini penyebab anemia yang tidak diketahui, antara lain :
  • Kondisi yang diwariskan (diturunkan), seperti anemia sel sabit dan talasemia
  • Stres seperti infeksi, obat-obatan, racun ular atau laba-laba, atau makanan tertentu
  • Racun dari hati (liver kronis) atau penyakit ginjal
  • Serangan yang tidak tepay oleh sistem kekebalan tubuh (disebut penyakit hemolilit pada bayi baru lahir, karena itu terjadi pada janin yang dikandunga wanita hamil)
  • Cangkok vaskular. katu[ jantung prostetik, tumor, luka bakar parah, paparan bahan kimia, hipertensi berat, dan gangguan pembekuan darah.
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, pembesaran limpa dapat menjebak sel darah merah dan menghancurkan mereka sebelum waktunya beredar habis

Cara Mengatasi Penyakit Anemia

Untuk mencegah anemia dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat besi, baik dari sumber hewani maupun nabati. kandungan zat besi (Fe) sebenarnya cukup banyak ditemukan dalam makanan sehari-hari seperti hati, jantung, kuning telur, ragi, kerang dan kacang-kacangan.

Jenis buah-buahan juga kaya akan zat besi seperti : aprikot, jeruk, bit hijau dan prume. Salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita andemia adalah jambu biji, karena mangandung vitamin B1, vitamin C, dan zat besi. Jambu biji dan jeruk termasuk buah yang mudah didapat.

Selain itu, anemia juga dapat diceha dengan cara mengkonsumsi  zat besi, olahraga, tidur yang cukup, dan mengurangi konsumsi makanan yang menghambat penyerapan zat besi seperti kopi dan teh.

Itulah beberapa informasi mengenai Penyebab Anemia Dan Cara Mengatasi Anenia. Selain dengan mengkonsumsi makanan penambah darah atau suplemen penambah darah, alahkah baiknya di imbangi dengan mengkonsumsi obat tradisional untuk anemia (Baca : Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Anemia) yang kandungannya keseluruhan berasal dari buah-buahan yang bermanfaat dalam mengobati dan mencegah terjadinya kurang darah (anemia). Dan jangan lupa, biasakan gaya hidup sehat mulai dari sekarang.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar